Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

Materi Kubus dan Balok
Skakmath Logo

Written by skakmath7

SD

February 9, 2021

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD– Oke, baiklah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kubus, kita pahami dulu apa itu kubus.

Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh 6 (enam) buah persegi yang mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan benda-benda yang berbentuk kubus, misalnya kotak kapur, kotak kue dan lain sebagainya.

Contoh Gambar Kubus Kelas 6 SD

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

Nah, dari gambar di atas, marilah sama-sama kita melihat ciri-ciri kubus adalah sebagai berikut :

  • Pertama mempunyai 6 sisi yang berbentuk persegi/bujur sangkar
  • Kedua mempunyai 12 rusuk
  • Ketiga mempunyai 8 titik sudut
  • Keempat mempunyai 12 diagonal sisi, dan
  • Kelima mempunyai 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Selanjutnya, coba adik-adik perhatikan, Bagaimana cara membuat gambar bangun ruang kubus?

Cara Menggambar Kubus

Caranya sangat mudah, mari sama-sama kita membuat gambar bangun ruang kubus,

1. Buatlah gambar sebuah persegi yang berbentuk jajaran genjang!

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

2. tarik sebuah garis lurus ke atas di tiap ujung/sudut persegi tersebut dengan ukuran yang sama panjang!

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

3. selanjutnya, dari ujung atas garis yang telah dibuat, kita gabungkan menjadi sebuah persegi. Maka jadilah sebuah kubus.

4. Untuk langkah yang terakhir, mari sama-sama  kita memberi nama bangun kubusnya, misalnya Kubus ABCD.EFGH

.

Nah, selesai deh, gimana bisa kan? Bisa dong, pastinya bisa, harus bisa yaa adik-adik.

Ya pasti bisa lah kak. Aku begitu lho, wkwkwk

Good.

Oke, sekarang ayok kita buat jaring-jaring kubus. mau?

Cara Membuat Jaring-Jaring Kubus

Ayo, siapa takut, eh tapi kak jaring-jaring kubus itu apa sih?

Nah, pertanyaan yang bagus sekali.

“Jaring-jaring kubus adalah rangkaian enam persegi/bujur sangkar yang apabila disatukan nanti akan membentuk/menjadi bangun ruang kubus gaesss”.

Gimana adik-adik, udah paham mengenai jaring-jaring kubusnyaa?

Iyaa kaaak, kami sudah paham.

Okeeh, selanjutnya mari kita buat jaring-jaring kubusnya yaa, udah tau kan caranyaa?

Tuaa kaak, eeh tau maksdunya kaaak.

Gini kaan !

                      Materi Kubus dan Balok

Iyaa, benar sekali.
Kalian hebaaat.

Nah, dari apa yang sudah kita bahas tadi, apa masih ada yang membingungkan? Kakak rasa sudah bisa semua kan yaaa?

Iyaa kaak, kami sudah paham.

Okedeh kalo begitu!

Materi Kubus dan Balok Kelas 6 SD

Sekarang kita menlanjutkan ke materi selanjutnya, yaitu Balok!
Apa itu Bangun Ruang Balok?

Balok adalah 6 (enam) persegi panjang yang dirangkaikan menjadi satu bangun ruang. Dari setiap sudutnya itu menunjukkan bahwa Balok berbentuk panjang. Seperti es batu yang dalam ukuran besar yang sering digunakan untuk mendinginkan ikan dalam kotak penyimpanan ikan. Kemudian seperti sabun mandu ada yang berbentuk balok.

Nah ini dia ciri-ciri Balok, hampir sama dengan kubus hanya saja balok bisa menggunakan Persegi Panjang maupun Persegi/Bujur Sangkar sedangkan lainnya sama.

  • Pertama mempunyai 6 sisi yang berbentuk Persegi Panjang maupun Persegi/Bujur Sangkar, sisi yang berhadapan sama panjang,
  • Kedua mempunyai 12 rusuk atau 3 pasang rusuk yang sama panjang
  • Ketiga mempunyai 8 titik sudut,
  • Keempat mempunyai 12 diagonal sisi, dan
  • Kelima mempunyai 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Cara Menggambar Balok

Caranya, ikutlah langkah-langkah berikut:

1. Buatlah sebuah persegi panjang yang berbentuk jajarangenjang.

2. Tarik garis lurus ke atas di setiap ujung/sudut persegi panjang tersebut dengan ukuran yang sama panjang.

3. Kemudian, dari ujung garis yang telah di buat, kita gabungkan menjadi sebuah persegi panjang, maka jadilah sebuah Balok.

4. dan yang terakhir, kita tinggal memberikan nama bangun Baloknya, seperti misalkan RSTU.VWXY

Bagaimana? Bisa dipahami?

Bisa kak!

Kaak, kata bu guru bangun ruang Balok memliki 8 (delapan) sudut. Bagaimana cara menghitungnya kak?

Iya, memang benar Balok mempunyai 8 sudut. Cara kita menghitungnya yaitu mari kita perhatikan gambar yang telah dibuat tadi!

Nah, huruf-huruf yang menjadi nama Balok tersebut disimpan tepat pada sudut-sudut baloknya. Sekarang coba kita hitung ada berapa huruf semua yang terseimpan ditiap sudut Baloknya?

Ada 8 kak!
Iya, Benar.

Jadi Balok itu mempunyai 8 sudut.
Gimana? Sudah paham kan semuanya?

Cara Menghitung Sudut

Hmm, Aku masih bingung kak, sebenarnya apa yang dimaksud dengan sudut?

“Sudut adalah titik temu antara beberapa garis”.

Misalnya ada 4 garis yang terdiri dari 2 pasang garis, tiap garis diberi nama 1,2,3,4.

Coba masing-masing sudut itu kita berikan huruf, yang berurutan dari r-s-t-u-v-w-x-y. maka masing-masing sudut ini akan menjadi baik dan memudahkan kita mengingatnya. r-s-t-u dan sudut v-w-x-y,. Jadi, semua sudut diberikan huruf ini memang lebih mudah untuk kita ingat.

Nah, adik-adik paling tidak bisa tahu kenapa kita harus memakai huruf. Karena jika tidak kita berikan tanda dengan memakai huruf, cara menghitungnya akan sedikit lebih lama dan merepotkan. Sebab, apabila kita disuruh menentukan sudut-sudut mana saja, sedangkan sudut tersebut tidak memiliki nama (huruf) maka yang terjadi nanti huruf-huruf itu akan dengan sendirinya membantu.

Jika tidak menggunakan huruf, maka kita akan lebih kesulitan, dan tidak bisa menentukan apakah baik atau tidak hasil dari perhitungannya, biasanya dalam membagi sudut-sudut itu tidak menjadi kacau, sebab sudah ada nama-namanya.

Materi Kubus dan Balok

Jika garis 1,2,3, dan 4 disatukan maka akan bertemu pada Titik P,Q,R, dan S.

Materi Kubus dan Balok

Oh begitu ya kak! Sekarang kami udah mengerti.

Oke, sekarang kita buat jaring-jaring Balok yaa.
Harusnya sudah bisa, karena tadi kita sudah membuat jaring-jaring dari Kubus, caranya sama ya adik-adik.

Selamat mencoba. Semangat!

Baiklah, sebelum kita tutup, kakak mengucapkan banyak terima kasih yaa buat yang udah mampir.
Jangan lupa, untuk materi selanjutnya akan terus diupdate, hanya di Skakmath.com !
Ayo, semangat belajarnyaaa.
See you next time adik-adik semuaa 🙂

Share it with...

Baca juga…

1 Comment

  1. Mursal

    Bagus kak.
    Mohon bangun ruang lainnya juga yaa.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *